Selasa, 27 April 2010

Hidroponik

Hidroponik berasal dari kata Yunani, yang terdiri dari 2 kata yaitu hudro dan ponos. Hudro artinya air sedangkan ponos artinya kerja/daya. Hidroponik adalah teknik bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Prinsip budidaya tanaman secara hidroponik adalah memberikan/menyediakan nutrisi yang diperlukan tanaman dalam bentuk larutan dengan cara disiramkan, diteteskan, dialirkan atau disemprotkan pada media tumbuh-tumbuhan. Keuntungan dan kelebihannya :
1. Keberhasilan tanaman untuk tumbuh dan bereproduksi lebih terjamin
2. Dapat dilakukan di mana saja, tidak tergantung sifat fisik dan kimia tanah dan dapat dilakukan pada lahan yang sempit ataupun gersang
3. Produktivitas tanaman lebih tinggi serta kontinu
4. Perawatan terhadap gangguan hama dan penyakit lebih terkontrol serta lebih praktis
5. Pertumbuhan tanaman lebih cepat
6. Kualitas hasil lebih baik (bersih dan tidak rusak)
7. Penggunaan pupuk lebih hemat (efisien)
8. Efisiensi tenaga kasar (misalnya mencangkul, membajak, dll)
9. Beberapa jenis tanaman dapat ditanam di luar musimnya
10. Tidak ada resiko kebanjiran, erosi, kekeringan atau ketergantungan pada kondisi alam
11. Harga jual relatif lebih tinggi

METODE BERCOCOK TANAM HIDROPONIK
**Metode Kultur Air
Metode ini menggunakan air sebagai media tumbuh tanaman. Wadah/tempat/pot dapat berupa stoples, tabung kaca, plastik , dll yang disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam dan wadah ynag tersedia.

**Metode Substrat
Yaitu menumbuhkan tanaman dalam media padat (bukan tanah), umumnya digunakan untuk mengusahakan sayuran/buah yang bernilai tinggi. Media padat antar lain dapat berupa arang (kayu, sekam, padi), pasir, perlit, zeolit, gambut, kerikil, potongan sabut kelapa, pakis, pecahan genteng/batu bata, batu apung, dsb.

**Metode Nutrient Film Technique (NFT)
Yaitu model budidaya hidroponik dengan meletakkan akar tanaman pada lapisan air (nutrien) yang sangat tipis (-3mm) sebagai medianya. Umumnya metode ini digunakan untul sayuran berumur pendek (misalnya pakchoy, chaysim, lettuce, kailan, bayam dan kangkung). Keunggulannya :
1. Air yang diperlukan lebih banyak
2. Kadar oksigen terlarut dalam larutan hara cukup tinggi
3. Air sebagai media mudah didapat dengan harga murah
4. pH larutan mudah diatur
5. Ringan, sehingga dapat disangga dengan talang
6. Wadah berupa selokan panjang yang sempit terbuat dari plat logam tipis tahan

**Metode Aeroponik
Prinsip kerja aeroponik : air yang berisi larutan hara disemprotkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman yang menggantung. Pada sistem ini tanaman ditanam dengan cara menggantung di dalm suatu bak. Agar dapat berdiri, pangkal batang dimasukkan ke dalam helaian styrofoam (2cm) yang telah dilubangi.

**Metode Hidroponik Rakit Apung
Metode ini adalah cara menanam dengan cara diapungkan di permukaan air, atau akar tanaman menjuntai ke dalam air. Styrofoam digunakan di atas air yang diberi lubang untuk menancapkan bibit sayur (bibit bisa diganjal dengan busa agar dapat berdiri dan tidak jatuh ke dalam air)

0 komentar:

Posting Komentar